Perkembangan Teknologi Informasi dan Perkembangan Anak

Dengan Bismillah Aku Bisa!(2014)

Berikut ini adalah tulisan Syifa Ameliola & Hanggara Dwiyudha Nugraha (Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang) dengan adaptasi seperlunya, saya sajikan untuk para calon guru Anak Usia Dini yang saat ini sedang mengambil matakuliah PAUD4408 Komputer dalam Kegiatan Pengembangan AUD.

Silahkan disimak dengan seksama. 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditandai dengan kemajuan di bidang media informasi dan teknologi pada saat ini telah berjalan begitu pesat, sehingga dalam menempatkan suatu bangsa pada kedudukan sejauh mana bangsa tersebut maju didasarkan atas seberapa jauh bangsa itu menguasai kedua bidang tersebut. Bangsa Indonesia merupakan salah satu bangsa yang hidup dalam lingkungan global, maka mau tidak mau juga harus terlibat dalam maju mundurnya penguasaan media informasi dan teknologi, khususnya untuk kepentingan bangsa sendiri. Untuk mencapai maksud tersebut pemerintah menuangkannya dalam salah satu bentuk dari tujuan dan arah Pembangunan Nasional, yaitu sektor ilmu pengetahuan, dimana sasaran yang hendak dicapai dari upaya pengembangan media informasi dan teknologi ini adalah antara lain untuk meningkatkan daya saing bangsa, meningkatkan pembangunan bangsa yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, serta untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas.  

Pencapaian sasaran tersebut dapat diupayakan melalui beberapa program yang mencakup pengembangan kelembagaan media informasi dan teknologi yang dinamis, efektif, efisien, dan produktif. 

Program Nasional tersebut tidak akan dapat terlaksana secara optimal jika tidak didukung oleh upaya pemanfaatan layanan media informasi dan teknologi secara terarah dan terpadu dari masing-masing individu, yakni dengan memanfaatkan semaksimal mungkin fasilitas media informasi dan teknologi yang ada. Hal ini menjadi diskursus yang menarik karena realitas dalam kehidupan masyarakat kita saat ini masih menunjukkan adanya beberapa gejala yang kurang menguntungkan. Misalnya, masih belum maksimalnya kesadaran media informasi dan teknologi yang dimiliki masyarakat dan penyalahgunaan penerapan media informasi dan teknologi yang dilakukan masyarakat. Makalah ini mencoba untuk mengetengahkan tentang pentingnya media informasi dan teknologi sebagai modal dasar dalam pembentukan dan perkembangan psikologis anak secara optimal dalam kemampuan akademis maupun sosial anak. 
Hubungan Perkembangan Teknologi dan Perkembangan Anak (Ameliola, et al, 2013)

Perkembangan Anak

Dalam pengoptimalan potensi diri seorang anak, diperlukan adanya peran serta orang tua yang menjadi elemen terpenting dalam pembentukan dan perkembangan kepribadian anak. Memahami perkembangan anak merupakan salah satu upaya alternatif terbaik dalam membimbing anak. Perkembangan psikologis dalam kehidupan seorang individu tergantung pada pengalaman yang diperolehnya dalam lingkungan terdekatnya, yaitu keluarga. Masa anak merupakan periode perkembangan yang berlangsung cepat dan juga merupakan periode dimana terjadinya perubahan dalam banyak aspek perkembangan, baik dari segi psikologis, akademis, maupun sosial.

Pengalaman masa kecil mempunyai pengaruh yang kuat terhadap perkembangan berikutnya. Selain itu, tanpa disadari anak sering menerapkan “What You See is What You Get”. Penerapan ini memiliki makna sebagai apa yang dilihat oleh anak adalah sebuah pelajaran. Hal tersebut apabila tanpa bimbingan yang terarah dan terpadu dari orang tua dan keluarga, perkembangan anak akan mengarah pada sisi negatif.

Selama tahun pertama, seorang anak harus mengembangkan suatu kepercayaan dasar ( basic trust), tahun kedua dia harus mengembangkan otonominya, dan pada tahun berikutnya dia harus belajar berinisiatif dan mengarah pada penemuan identitas dirinya.

Pada usia sekitar 2 atau 3 tahun, anak banyak belajar mengenai berbagai macam koordinasi visiomotorik. Aktivitas-aktivitas sensomotorik telah dapat diintegrasi menjadi aktivitas yang dikoordinasi. Hal ini penting misalnya pada waktu mencontoh sebuah gambar atau sebuah benda. Apa yang dilihat dengan mata harus dapat dipindahkan dengan motoriknya menjadi sebuah pola tertentu. Sekitar tahun ke empat, semua pola lokomotorik yang biasa sudah dapat dikuasainya. Aktivitas-aktivitas tersebut tidak luput dari peran media informasi dan teknologi yang ada pada saat bersamaan dengan perkembangan anak. 

*) ditulis kembali dengan adaptasi sesuai kebutuhan dari Syifa Ameliola & Hanggara Dwiyudha Nugraha (Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang), 2013
I fear the day technology will surpass our human interaction. The world will have a generation of idiots.
Teknologi dan Penggunanya

Previous
Next Post »

Tulisan ini adalah sebagai bahan tutorial Mahasiswa Universitas Terbuka. Terbuka bagi pembaca khususnya mahasiswa untuk memberikan kritik dan saran terutama tentang teknik penulisan.

EmoticonEmoticon