Administrasi Negara (Publik) sebagai suatau Sistem

Dalam membicarakan Administrasi Negara sebagai suatu sistem, beberapa hal perlu diperhatikan, yaitu :
  1. Sifat Publik yang melekat pada istilah Administrasi Negara (Administrasi Negara = Administrasi Publik), karena sifat aktivitas dan pelayanan yang secara primer dipusatkan kepada masyarakat (publik).
  2. Administrasi Negara harus dipandang sebagai organisasi yang mempunyai tujuan dan aktivitas yang jelas, sehingga dapat memudahkan untuk menerapkan esensi setiap sistem yang terdiri dari struktur, fungsi, dan lingkungan. Fred W. Riggs dalam buku “Trends in the Comparative Study of Public Administration” menerjemahkan sistem Administrasi Negara sebagai “struktur untuk mengalokasikan barang dan jasa dalam satu pemerintahan”.
  3. Di negara-negara yang menganut faham pemisahan kekuasaan, kedudukan Sistem Administrasi Negara amat jelas yaitu berfungsi untuk melaksanakan apa saja yang telah diputuskan oleh lembaga legislatif (DPR/MPR, Konggres/Senat). Walaupun terkadang dalam kenyataannya Sistem Administrasi Negara juga membuat keputusan-keputusan dan sebagai pemberi saran masukan dalam perumusan atau formulasi kebijakan (Decission making).

Berdasarkan pemikiran-pemikairan tersebut di atas, maka apa yang dimaksud dengan Sistem Administrasi Negara adalah sistem yang terdiri dari masukan, proses, keluaran, dan umpan balikMenurut Riggs (1996) pembaharuan administrasi merupakan suatu pola yang menunjukkan peningkatan efektivitas pemanfaatan sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Birokrasi itu sendiri menurut pandangan Riggs merupakan sebuah organisasi yang konkrit terdiri dari peran-peran yang bersifat hirarkis dan saling berkaitan yang bertindak secara formal sebagai alat (agent) utk suatu kesatuan (entity) atau sistem sosial yang lebih besar. 

Dengan demikian menurut pandangan ini tujuan dari birokrasi ditetapkan oleh kekuasaan di luar kewenangan birokrasi itu sendiri. Atas dasar ini maka kebertanggungjawaban (accountability) dari birokrasi dalam menjalankan tugas sangat esensial sifatnya. Oleh karena itu pembaharuan administrasi akan berkaitan erat dengan peningkatan kebertanggungjawaban dalam proses pengambilan keputusan atau dalam hal bagaimana sumber daya instrumental dimobilisasi untuk mencapai tujuan.

Previous
Next Post »

Tulisan ini adalah sebagai bahan tutorial Mahasiswa Universitas Terbuka. Terbuka bagi pembaca khususnya mahasiswa untuk memberikan kritik dan saran terutama tentang teknik penulisan.

EmoticonEmoticon