Faktor-faktor Perkembangan Kota dalam Lingkup Wilayah #1

Dengan menggunakan dikotomi basis dan non basis, Thompsons menjelaskan terdapat tahapan (skenario) perkembangan kota, yakni: (1) Export specialization, (2) Export Complex, (3) Economic Maturation, (4) Regional Metropolis, (5) Technical Professional Virtuosity.
Bagaimana suatu kota menjadi besar, terutama pengaruhnya terhadap daerah sekitarnya, akan menjadi pembicaraan pokok dalam diskusi kali ini.

Setidaknya ada dua teori utama yang menjadi landasan kajian para ahli dalm menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kota dari pespektif ekonomi. Dua teori utama dimaksud adalah Economic Base Theory (Teori Basis Ekonomi), dan Teori Kutub Pertumbuhan (Growth Pole Theory). Pembahasan kedua teori harus terpisah, mengingat pembaca tidak memungkinkan membaca dalam sekejab.

Teori Basis Ekonomi (Economic Base Theory)

Source: www.salinemichiganrealestate.com
Teori basis ekonomi dikemukakan oleh Harry W. Richardson (1973) yang menyatakan bahwa faktor penentu utama pertumbuhan ekonomi suatu daerah adalah berhubungan langsung dengan permintaan akan barang dan jasa dari luar daerah (Arsyad 1999:116). 

Dalam penjelasan Richardson bahwa pertumbuhan industri-industri yang menggunakan sumberdaya lokal, termasuk tenaga kerja dan bahan baku untuk diekspor, akan menghasilkan kekayaan daerah dan penciptaan peluang kerja (job creation). Asumsi ini memberikan pengertian bahwa suatu daerah akan mempunyai sektor unggulan apabila daerah tersebut dapat memenangkan persaingan pada sektor yang sama dengan daerah lain sehingga dapat menghasilkan ekspor (Suyatno 2000:146).

Pada pokoknya, teori ini membicarakan tentang majunya perekonomian kota yang diakibatkan oleh sektor industri. Dalam teori ini sektor perekonomian terbagi atas dua sektor, yaitu : (1) Sektor Basis dan (2) Sektor Bukan Basis (non-Basic Sector). Sektor Non Basis terutama berfungsi di dalam pelayanan di dalam wilayah yang bersangkutan
Sektor Basis terutama berorientasi kepada ekspor atau di luar wilayah yang bersangkutan.
Peningkatan pendapatan wilayah pada gilirannya akan meningkatkan pula tingkat konsumsi wilayah maupun tingkat investasi wilayah, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan wilayah dan kesempatan kerja.

Barang/jasa yang diproduksi untuk ekspor ke luar wilayah disebut basis dan pekerja yang berhubungan dengan penjualan lokal di dalam msyarakat disebut non basis.
Skenario Pertumbuhan Menurut Wilbur Thompsons
Dengan menggunakan dikotomi basis dan non basis, Thompsons menjelaskan terdapat tahapan (skenario) perkembangan kota, yakni: (1) Export specialization, (2) Export Complex, (3) Economic Maturation, (4) Regional Metropolis, (5) Technical Professional Virtuosity.
  1. Export specialization; berfokus kepada ekonomi lokal yang berorientasi ekspor
  2. Export Complex; pada tahapan ini ekspor berkembang pada tahapan lanjut, dibarengi dengan industri lain dengan beragam jenis produk
  3. Economic Maturation; pada tahapan ini sektor basis makin ditunjang oleh sektor non basis
  4. Regional Metropolis; batas wilayah ekspansi ke wilayah lain dan muncul pusat dan hinterland sebagai supplier;
  5. Technical Professional Virtuosity; pada tahapan ini kota memasuki sistem global dengan industri hulu pendukung berada di negara lain.
Sumber bacaan:
Modul Perencanaan Kota - ADPU 4433
Iwan Kustiwan, Edisi 1, 2008

><----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------><

SELAMAT DATANG DI BLOG INI, 
PEMBACA BERHASIL MASUK KE BLOG INI KARENA KATA KUNCI PENCARIAN:

Wilbur Thompsons, Technical Professional Virtuosity adalah.., Regional Metropolis adalah.. , Export specialization adalah..., Skenario Pertumbuhan Menurut Wilbur Thompson adalah..., Teori Basis Ekonomi (Economic Base Theory) adalah..., Sektor Basis dan, Sektor Bukan Basis (non-Basic Sector), materi kuliah Perencanaan Kota, Planologi, Universitas, Terbuka, Diponegoro
Previous
Next Post »

Tulisan ini adalah sebagai bahan tutorial Mahasiswa Universitas Terbuka. Terbuka bagi pembaca khususnya mahasiswa untuk memberikan kritik dan saran terutama tentang teknik penulisan.

EmoticonEmoticon