5 (Lima) Model Administrasi Negara: #4 Model Hubungan Kemanusiaan (Humanis)

Model Humanis Administrasi Negara
Model hubungan kemanusiaan merupakan suatu reaksi terhadap model-model birokrasi klasik dan neobirokrasi. Penekanan atas pengendalian, struktur, efisiensi, ekonomi, dan rasionalitas dalam teori birokrasi mengundang berkembangnya gerakan-gerakan hubungan kemanusiaan. Percobaan Hawthon dan karya-karya Elton Mayo serta kolega-koleganya, gerakan hubungan kemanusiaan telah berberkembang menjadi teori bangunan teori yang amat empitis dan betul-betul berdasar penelitian. Ada dua buah karya utama yang mempengaruhi yaitu:
1.    The Human Organization: Its management and value karya Rensis Likert
2.      The Social Psychology of Organizations karya Daniel Katz dan Robert Kahn.


Implementasi model kemanusiaan terwujud dalam dinamika kelompok, latihan kepekaan (sensitiviti training), dan pengembangan organisasi. Nilai-nilai yang mendasari model hubungan kemanusiaan yaitu:
    a.      Partisipasi pekerja dan klien dalam pembuatan keputusan
    b.      Pengurangan dalam diferensiasi status
    c.       Pengurangan dalam persaingan antar perseorangan
    d.      Penekanan pada keterbukaan, kejujuran, aktualisai diri, dan kepuasan umum pekerja.

Model birokrasi klasik dan neobirokrasi jelas merupakan pelukisan empiris yang jujur atas administrasi negara. Akan tetapi ada cukup banyak pertanyaan mengenai dampak model hubungan kemanusiaan terhadap administrasi pemerintahan, yaitu lambat dan sedikit. Namun dampak tersebut tidak lantas membuat teori hubungan kemanusiaan menjadi tidak akurat, sebab penemuan-penemuan tersebut lebih didasarkan atas percobaan dan tes ketimbang atas pengamatan terhadap organisasi yang kompleks yang sedang berjalan. Selain itu, aliran hubungan kemanusiaan telah menyodorkan bukti yang tidak bisa ditawar, bahwa dalam keadaan-keadaan tertentu pembagian otoritas dan kepuasan pekerja masing-masing berkolerasi positif dengan produktivitas kerja.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa fokus dari model hubungan kemanusiaan ini adalah terletak pada aspek kemanusiaan dan sosial psikologi dalam setiap jenis organisasi maupun birokrasi.

*) Tulisan dinukil dari Meilasari Dwi Rahayu
Previous
Next Post »

Tulisan ini adalah sebagai bahan tutorial Mahasiswa Universitas Terbuka. Terbuka bagi pembaca khususnya mahasiswa untuk memberikan kritik dan saran terutama tentang teknik penulisan.

EmoticonEmoticon