Ilmu Administrasi: #1 Hakikat Ilmu Administrasi


Bicara soal administrasi sebenarnya ia berasal dari bahasa Latin yaitu frase Ad yang artinya intensif dan ministrare yang berarti melayani, membantu, memenuhi. Administrasi merujuk pada kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan, atau mengatur semua kegiatan di dalam mencapai suatu tujuan.

Konsep-konsep lainnya yang berhubungan dengan Administrasi

  • Administer  berarti pembantu, abdi, kakitangan, penganut.
  • Adminitratio berarti pemberian bantuan, pemeliharaan, perlakuan, pelaksanaan, pimpinan, pemerintahan, pengelolaan.
  • Administro berarti membantu, mengabdi, memelihara, menguruskan, memimpin, mengemudikan, mengatur.
  • Administrator berarti pengurus, pengelola, pemimpin. 

Konsep Adminsitrasi Menurut Para Ahli

Administrasi adalah proses yang pada umumnya terdapat pada semua usaha kelompok,  pemerintah atau swasta, sipil atau militer, besar atau kecil (White, 1958).



Administrasi sebagai kegiatan kelompok yang mengadakan kerjasama guna menyelesaikan tugas bersama (Simon, 1958).



Administrasi didefinisikan sebagai bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan usaha kelompok individu guna mencapai tujuan bersama (Newman, 1963).



Pengertian Administrasi dalam bahasa Indonesia ada 2 (dua) :



Administrasi berasal dari Bahasa Belanda, “Administratie” yang merupakan pengertian Administrasi dalam arti sempit, yaitu sebagai kegiatan tata usaha kantor (catat-mencatat, mengetik, menggandakan, dan sebagainya). Kegiatan ini dalam bahasa Inggris disebut Clerical works (FX.Soedjadi, 1989).



Prajudi Atmosudirjo (1980), tatausaha pada hakikatnya merupakan pekerjaan pengendalian (the handling) informasi.



J. Wajong (1962), kegiatan administrasi meliputi pekerjaan tatausaha yang bersifat mencatat segala sesuatu yang terjadi dalam organisasi untuk menjadi bahan keterangan bagi pimpinan.



Ali Mufiz yang mengutip pendapat Munawardi Reksohadiprawiro (1984), administrasi berarti tatausaha yang mencakup setiap pengaturan yang rapi dan sistematis serta penentuan fakta-fakta secara tertulis dengan tujuan memperoleh pandangan yang menyeluruh serta hubungan timbal balik antara satu fakta dengan fakta lainnya.

Hakikat Administrasi

Hakikat ilmu pengetahuan dan teknologi telah memotivasi manusia berusaha untuk memilikinya melalui proses pembelajaran guna dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan. Ilmu pengetahuan dan teknologi dapat diperoleh dimana-mana asalkan manusia sadar dan berkemauan dalam proses pembelajaran.

Pengetahuan (knowledge) pada hakikatnya lepas dari ingatan manusia karena memang pengetahuan berada pada ruang bebas, tetapi manusia mempunyai potensi kesadaran untuk berusaha memiliki pengetahuan.

Ilmu adalah sekumpulan pengetahuan manusia yang rasional dan kognitif dengan disusun secara sistematis dan menggunakan metode tertentu yang dapt dipelajari sehingga memberikan manfaat, baik di bidang wawasan berpikir maupun di bidang pekerjaan. Dengan kata lain, ilmu dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan.

Courtesy: maukulia.files.wordpress.com

Ilmu merupakan segenap pengetahuan yang bermakna ganda, yaitu sebagai tempat pengetahuan, metode, kegiatan sangat beranekaragam jenisnya. Tetapi ketiganya bukanlah berjalan secara parsial tetapi secara simultan saling melengkapi dalam penyempurnaannya.
 
Kesadaran yang dapat dialami manusia dapat dibagi atas 3 jenis, yaitu kesadaran lahir (dunia nyata), kesadaran akal (alam rasional. ideologi, pikiran), dan kesadaran rohani (dunia rasa).
Ilmu administrasi merupakan hasil olah pikir (intuisi) dan nalar manusia yang disusun berdasarkan prinsip rasionalitas dan sistematika yang mengunkapkan kejelasan tentang objek formal, yaitu pemikiran guna menciptakan suatu keteraturan dari berbagai aksi dan reaksi yang dijalankan oleh manusia dan objek materi, yaitu manusia yang melakukan aktivitas administrasi dalam bentuk kerja sama menuju terwujudnya tujuan tertentu.

1. Administrasi sebagai ilmu 


Ilmu sebagai objek kajian administrasi sepatutnya mengikuti alur pemikiran manusia yang pendekatannya dilakukan secara radikal, menyeluruh, rasional, dan objektif. Administrasi sebagai ilmu keluaran (output)-nya berupa pemikiran (konsep) yang sistematis dan berkembang pada dunia maya/abstrak 

2. Administrasi sebagai pekerjaan 

Administrasi sebagai suatu profesi atau pekerjaan yang harus diselesaikan  secara tuntas dan memuaskan. Administrasi sebagai profesi/pekerjaan keluarannya adalah dunia nyata atau konkret.

Previous
Next Post »

Tulisan ini adalah sebagai bahan tutorial Mahasiswa Universitas Terbuka. Terbuka bagi pembaca khususnya mahasiswa untuk memberikan kritik dan saran terutama tentang teknik penulisan.

EmoticonEmoticon