Unsur Pembentuk Struktur Tata Ruang Kota

Kota atau kawasan perkotaan pada dasarnya merupakan suatu sistem spasial yang secara internal memiliki unsur-unsur yang menjadi pembentuknya serta keterkaitannya satu sama lainnya.

Berkaitan beberapa unsur sebagai pembentuk kota/kawasan perkotaan, berikut beberapa unsur pembentuk kota/kawasan perkotaan menurut para ahli.

Doxiadis pernah mencatat bahwa permukiman atau perkotaan merupakan totalitas lingkungan yang terbentuk oleh 5 (lima) unsur.
1.    Alam (Nature)
2.    Individu manusia (antropos)
3.    Masyarakat (society)
4.    Ruang kehidupan (Shells)
5.    Jaringan (Network)
Sumber: Abdulaziz-SE.Net

Patrick Geddes dalam pandangan yang berbeda, karakteristik permukiman sebagai kawasan perkotaan memiliki unsur: Place, Work, dan Folk. Place diterjemahkan sebagai tempat tinggal, Work diterjemahkan sebagai tempat bekerja, dan Folk diterjemahkan sebagai tempat bersosialisasi (rekreasi). Sementara itu sejalan dengan Geddes, Kus Hadinoton (1970) mengadaptasi perspektif Geddes di atas dengan 5 (lima) unsur pokok pembentuk kota/kawasan perkotaan:
a.    Wisma                  : tempat tinggal (perumahan) – perumahan permukiman
b.    Karya                   : tempat bekerja (kegiatan usaha) – pasar, perkantoran
c.     Marga                   : jalan sebagai jaringan pergerakan – jaringan jalan
d.    Suka                     : tempat rekreasi (folk)/hiburan – Ruang Terbuka Hijau, Taman, Bioskop, dll
e.    Penyempurna       : prasarana sarana lain (tempat ibadah, sekolah/universitas)

Previous
Next Post »

Tulisan ini adalah sebagai bahan tutorial Mahasiswa Universitas Terbuka. Terbuka bagi pembaca khususnya mahasiswa untuk memberikan kritik dan saran terutama tentang teknik penulisan.

EmoticonEmoticon