Lima Paradigma Administrasi Negara: #1 Dikhotomi Politik-Administrasi

Leonard D. White (1891-1958)
Era paradigma I ditandai dengan dipublikasikannya buku yang ditulis oleh Frank J. Goodnow dan Leonard D. White yang berjudul Politics Administration (1900), Goodnow berpendapat bahwa ada dua fungsi yang berbeda dari pemerintah, yakni politik menurutnya harus berhubungan dengan kebijakan atau berbagai masalah yang berhubungan dengan tujuan negara. Sedangkan Administrasi harus berkaitan dengan pelaksanaan kebijakan tersebut. Dengan demikian yang menjadi dasar pembeda adalah pemisahan kekuasaan.

Penekanan paradigma I adalah pada lokus (tempat) di mana administrasi negara berada. Goodnow dan para pengikutnya berpendapat administrasi negara seharusnya memfokuskan diri pada birokrasi pemerintahan (ranah eksekutif).

Administrasi Negara mendapat perhatian serius dari para sarjana selama masa ini. Ilmu politik lebih memperhatikan latihan bagi persiapan warga negara yang profesional seperti dalam hukum dan jurnalisme, melatih tenaga-tenaga spesialis untuk posisi-posisi/jabatan pemerintahan, serta pendidikan bagi pekerjaan penelitian. Dengan demikian, maka Administrasi Negara merupakan bagian dari ilmu politik.

Administrasi Negara mendapat pengakuan akademis pada dekade 1920an, dimulai dari penerbitan buku karya Leonard D. White, Introduction to the Study of Public Administration pada 1926, buku ini merupakan pelajaran pertama yang membahas secara menyeluruh bidang ilmu Administrasi Negara.


Inti dari Paradigma I Dikotomi Politik - Administrasi, yaitu:

Dalam buku Politics and Administration dinyatakan dua fungsi pokok dari pemerintah yang berbeda: 

  1. Fungsi politik yang melahirkan kebijaksanaan atau keinginan negara;
  2. Fungsi Administrasi yang berhubungan dengan pelaksanaan kebijakan negara.
Penekanan pada paradigma ini terletak pada locus (tempat), menurut Goodnow Lokus berpusat pada Government Bureucracy (birokrasi pemerintahan). Sedangkan focusnya yaitu metode atau kajian apa yang akan dibahas dalam Administrasi Publik tidak dibahas secara eksplisit. 

Administrasi negara memperoleh legitimasi akademiknya lewat lahirnya buku Introduction To the Study of Public Administration karya Leonard D. White yang menyatakan dengan tegas bahwa politik seharusnya tidak ikut mencampuria dministrasi, dan administrasi negara harus bersifat studi ilimiah yang bersifat bebas nilai.
Previous
Next Post »

Tulisan ini adalah sebagai bahan tutorial Mahasiswa Universitas Terbuka. Terbuka bagi pembaca khususnya mahasiswa untuk memberikan kritik dan saran terutama tentang teknik penulisan.

EmoticonEmoticon