Ilmu Administrasi: #3 Ilmu Administrasi Sebagai Seni



Sebelumnya telah dibahas pengertian administrasi yaitu segenap rangkaian kegiatan penyelenggaraan penataan usaha kerja sama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu. Sebagai usaha kerja sama skelompok manusia, sesungguhnya telah lama ada, antara orang satu dengan yang lainnya, telah ada sejak manusia pertama “adam” dan “hawa”. Kemudian manusia generasi berikutnya, sebagai “makhluk sosial” hidup berkelompok melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan kelompok yang bersangkutan.
Untuk mengetahui lebih lanjut administrasi sebagai seni, maka terlebih dahulu harus dikupas istilah seni. Dalam kamus Webster’s New Collegiate Dictonary, perkataan art (seni) ini berasal dari bahasa latin “artes” yang berarti “skill” atau keahlian, kompetensi yang diperoleh dari pengalaman atau bisa juga daya cipta (gagasan, ideologi, kreasi ataupun olahpikir) yang timbul dari dalam (brainware) untuk mewujudkan sesuatu.
Courtesy: maukulia.files.wordpress.com
Dengan demikian, administrasi sebagai seni adalah keahlian dan kemampuan kerja sama untuk mencapai sesuatu hasil yang diinginkan, atau merupakan sesuatu kecakapan.

Makkasau (1982: 25) memberikan pengertian seni dalam administrasi yaitu kemampuan di dalam menerapkan proses kegiatan administrasi yang di dasarkan kepada kemahiran, kreativitas, dan keterampilan secara tradisional semata, tanpa mengubungkan kepada metode dan tehnik ilmu pengetahuan administrasi bersamaan dengan dilaksanakannya usaha kerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang didasarkan pada firasat, perasaan, dan naluri.
Previous
Next Post »

Tulisan ini adalah sebagai bahan tutorial Mahasiswa Universitas Terbuka. Terbuka bagi pembaca khususnya mahasiswa untuk memberikan kritik dan saran terutama tentang teknik penulisan.

EmoticonEmoticon